STIH Labuhanbatu Visitasi AIPT

STIH Labuhanbatu Visitasi AIPT

 

Yayasan Universitas Labuhanbatu Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH), mendapat kunjungan 2 Profesor Ilmu Hukum dari Universitas Hasanuddin Makassar dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta.Kunjungan tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), itu dalam rangka pelaksanaan assesment lapangan terhadap perguruan tinggi di lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Labuhanbatu tahun 2018 yang akan diselenggarakan sejak 5-7 Juli 2018, di gedung Kampus Yayasan Universitas Labuhanbatu, Jalan Sisingamangaraja, KM 3,5 Aek Tapa, kelurahan Bakaran Batu, Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhanbatu.Adapun tim asesor yang melakukan lawatannya ke universitas tersebut yakni Prof. Dr. Mohammad Arfin, SH, MH dari Universitas Hasanuddin dan Prof Dr. Drs. Maria G Endang Sumiarni SH, M.Hum, dari Universitas Atma jaya Yogyakarta.

Dalam kunjungannya, tim asesor menyarankan agar setiap dosen yang masuk pertama kali ke ruangan harus menanamkan visi dan misi dari sekolah tinggi ilmu hukum.

“Ini adalah untuk menambah semangat dan sebagai bentuk sosialisasi agar mahasiswa mengerti dan menyampaikan apa itu misi dan visi dari STIH. Perlu ditingkatkan kuantitatif, operasionalnya,” jelas Mohammad Arfin.Menurut dia, akreditasi merupakan penentuan standar mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan (sekolah tinggi) oleh pihak di luar lembaga yang independen.Selain itu, akreditasi institusi ini berguna untuk menilai kelayakan perguruan tinggi dalam hal manajemen dalam menjalankan proses perkuliahan. Sebab, telah terdapat pada pembukaan buku naskah akademik Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi dan akreditasi merupakan proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan Tri Darma Perguruan Tinggi.”Untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan tersebut. maka akreditasi ini juga diartikan sebuah upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi,” ungkapnya.”Evaluasi dan penilaian dalam rangka akreditasi institusi dilakukan oleh team asesor yang terdiri atas pakar yang memahami hakikat pengelolaan perguruan tinggi,” timpal Prof. Dr. Drs. Maria G Endang Sumiarni SH, M.Hum.Pada visitasi ini, pihaknya mengawali pemeriksaan akademik diskusi dengan tim borang kemudian wawancara dengan para pimpinan Yayasan ULB Ketua STIH dan selanjutnya wawancara dilakukan dengan dosen, mahasiswa, pengguna, dan alumni STIH Y-ULB.Dalam hal ini, Maria juga mengapresiasi penelitian kualitatif para dosen STIH, baik di kampus dan juga lapangan, serta pengabdian masyarakat.Tim asesor juga meninjau kondisi fisik bangunan Gedung Perkuliahan Y-ULB dan disaksikan Ketua STIH Y-ULB, Risdalina SH, MH, Ketua kordinator Yayasan Y-ULB, Ade Parlaungan Nasution dan seluruh Para Dosen, Mahasiswa dan Alumni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *